NEWS
DETAILS
Rabu, 17 Nov 2021 01:08 - Honda Revo Club Jakarta

Jakarta, 17 November 2021 - Seperti diketahui motor bebek Honda Revo X dibekali kaki-kaki yang mumpuni untuk dipakai dalam tugas harian. Diantaranya komponen suspensi teleskopik di depan dan dual shockbreaker di belakang. Sementara untuk ban dikawal dengan ukuran 70/90-17 di depan dan belakang 80/90-17.

Meski terbilang cukup proporsional untuk pemakaian harian, namun tidak sedikit pula pengguna Honda Revo X yang mengganti ukuran ban standarnya dengan yang lebih besar. Biasanya yang kerap memodifikasi motor ala balap road race dengan ukuran 100/80-17 atau 110/70-17 di kedua rodanya.
 
Tentu ada nilai positif dan negatif dari naiknya ukuran ban di Honda Revo X tersebut. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Yuk, ditengok.
 
Kelebihan Mengganti Ban Besar

Dari segi positifnya, penggunaan ban berukuran lebih besar pada Honda Revo X langsung bisa terlihat lebih kekar dan padat. Terutama jika ukuran yang dipakai mengikuti pakem ban road race tersebut.

Selain itu, traksi motor ke aspal juga makin baik. Karena biasanya penggunaan ban road race memiliki bahan soft compound yang lunak. Sehingga mampu memberikan grip lebih di aspal.
 
Kekurangan Memakai Ban Besar

Dibalik kelebihan yang ditawarkan, tentu ada konsekuensi negatif juga yang didapat oleh pengguna Honda Revo X yang mengganti ukuran bannya menjadi lebih besar. Salah satunya adalah tarikan motor yang menjadi lebih berat.

Ini karena saat ban diganti ukurannya menjadi lebih besar mesin motor dipastikan mengeluarkan tenaga lebih besar karena beban yang diangkut menjadi lebih berat dari normalnya. Sehingga jangan heran jika efek yang dirasakan saat berkendara, motor akan terasa lamban. 

Bukan hanya membuat tarikan makin loyo, akibat lanjutan yang disebabkan penggantian ban ke ukuran yang lebih besar adalah konsumsi bahan bakar kini lebih boros.

Ini dikarenakan dengan mengganti ukuran ban menjadi lebih besar, energi mesin yang dibutuhkan untuk menggerakannya pun makin besar. Sehingga butuh asupan bahan bakar yang juga semakin banyak. Hal ini yang membuat konsumsi bahan bakarnya tak seirit saat memakai ban standar.

Masih belum berakhir, efek negatif lain dari penggunaan ban besar adalah komponen rantai yang menjadi lebih mudah aus. Ini dikarenakan, peranti rantai terpaksa bekerja lebih berat lagi untuk membantu memutar ban pada kendaraan.

Karena itu, jika memang Honda Revo X Anda digunakan untuk harian, paling pas mengganti ban dengan ukuran aslinya. Oleh AHM, tersedia Honda Tire yang didesain khusus dengan teknologi Ultra Solid Side Wall, Deep Thread Depth Standard dan Ultra Gripped Compound sehingga nyaman digunakan dalam segala kondisi medan jalan dan usia pakainya panjang.

www.astra-honda.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK